Modal Utama Ber-Wirausaha “BODOL, BOTOL, BOWOL, BOOOL”

15 Nov

Wirausaha (Enterpreneurship) adalah suatu kegiatan untuk menambah nilai diri seseorang dalam rangka memenuhi kebutuhan dirinya dan orang lain. Menurut Ricard Cantillon Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Pada era globalisasi seperti ini kita tentunya dituntut untuk dapat bersaing (positif) dengan orang lain untuk itu salah satu caranya adalah dengan ber-wirausaha. Indonesia sendiri untuk menjadi sebuah negara yang mandiri di bidang ekonomi paling tidak dibutuhkan tidak kurang dari 2% dari jumlah penduduk negara yang berprofesi menjadi wirausaha atau pengusaha, sedangkan di Indonesia jumlahnya jauh di bawah itu.  Tentunya banyak manfaat yang didapat dari seseorang bila ia menjadi wirausahawan, seperti : Melatih kemandirian, Membantu mengurangi angka pengangguran, Meningkatkan aktivitas perekonomian, Membantu memnuhi kebutuhan konsumen dan sebagainya.

Tetapi yang sering sekali jadi permasalahan bagi orang yang ingin ber-wirausaha atau yang akan memulai bisnis adalah modal. Itu alasan klasik guys!

Banyak orang mengeluh : Aduuuh, bagaimana saya mau bisnis, saya ga punya uang/ ga ada modalnya..  😦

Menurut saya itu adalah suatu paradigma yang salah mengenai modal. Modal tidak melulu berkaitan dengan uang atau duit, tetapi modal juga meliputi : tenaga, waktu, pikiran dan lain-lain. Nah, Mari kita kupas hal ini!

Menurut Alam.S, Modal adalah segala sumber daya hasil produksi yang tahan lama, yang dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses produksi berikutnya.

Dalam beberapa kesempatan saya mendengar bahwa modal utama dalam bisnis dan ber-wirausaha itu adalah kepercayaan (trust). Ini memang benar, apapun bisnisnya memang sangat memerlukan kepercayaan. Kepercayaan dari banyak pihak, dimulai dari kepercayaan dari dalam diri (confident), selain itu kepercayaan dari luar diri, yakni denan membangun kepercayaan dengan orang lain, seperti: konsumen, masyarakat dan lain-lain.

Ada akronim yang merupakan modal dalam ber-wirausaha/bisnis :

  1. BODOL = Berani, Optimis, Duit Orang Lain. Hal ini menjadi modal ketika ingin berbisnis tetapi tidak memiliki uang. Cara kita adalah mencari sumber (resource)uang dari orang lain. Seperti dalam bentuk pinjaman modal ke kerabat terdekat atau lembaga keuangan.
  2. BOTOL = Berani, Optimis, Tenaga Orang Lain. Bila kita memiliki sumber lainnya tetapi tidak memiliki tenaga yang cukup. maka ini saatnya kita memberdayakan tenaga orang lain untuk berbisnis.
  3. BOWOL = Berani, Optimis, Waktu Orang Lain. Bila kita mempunyai sedikit waktu untuk berbisnis maka inilah saatnya kita memberdayakan waktu orang lain.
  4. BOOOL = Berani, Optimis, Otak Orang Lain. Nah ini adalah ketika kita memiliki sumber daya lainnya, tetapi belum terpikir untuk be-wirausaha atau berbisnis apa. Kita bisa sharing hal ini dengan orang lain.

Di dalam ke-empat hal tersebut, selain adanya unsur kepercayaan dari orang lain seorang wirausahawan harus memiliki keberanian dan optimisme dalam berbisnis dan ber-wirausaha, apalagi bagi yang baru akan memulai usaha/bisnis. Jadi modal utama dalam wirausaha adalah : Kepercayaan, Keberanian dan Optimis.

Terima Kasih,

Semoga Bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: